Rabu, 02 Maret 2011

SMP NEGERI 1 TRENGGALEK BERPRESTASI

SMP NEGERI 1 TRENGGALEK



 
Keterangan: Album Memori Tahun 2008 SMP Negeri 1 Trenggalek
(KBM Yang Familiar dan Penuh Kasih Sayang, tapi Tetap Tekun, Serius, dan Disiplin)
 
 
SMP Negeri 1 Trenggalek terletak di jantung Kota Trenggalek, jalan Dr. Sutomo. Berdampingan dengan Kantor Dinas Kesehatan, dan RSUD Dokter Sudomo di bagian baratnya, berhadapan dengan Pengadilan Agama Kabupaten Trenggalek dan RS Mardi Mulya. Sepanjang jalan ini berdiri pertokoan dan perumahan masyarakat yang terbilang megah. Bagi anak usia 12-15 tahun, bisa diterima menimba ilmu di sekolah ini, adalah suatu kebanggaan yang luar biasa. Inilah sekolah terfavorit di Trenggalek untuk jenjang SLTP. Seleksi penerimaan siswanya sangat ketat, dan tidak mengenal “titipan” walau putra pejabat sekali pun. Dan di sekolah inilah Zefrizal Nanda Mardani saat ini masih tercatat sebagai murid kelas IX. Zefrizal Nanda Mardani sang peraih Medali Emas Olimpiade Astronomi Tahun 2007, sekaligus peraih medali Perak dan Perunggu Olimpiade Astronomi Tahun 2008 Tingkat SLTA di Makassar, yang telah mengharumkan nama daerah ini di kancah internasional.

 


























































































Para siswa baru yang berasal dari luar kota banyak yang kecele begitu mereka masuk lingkungan sekolah ini. Dalam bayangan mereka saat berniat mendaftar, gedung SMP Negeri 1 Trenggalek berdiri megah bertingkat dengan fondasi bangunan rata-rata di atas ketinggian jalan raya. Tapi, ternyata tidak demikian. Luas lahan sekolah 16.360 m2 dikelilingi pagar tembok, dengan lingkungan di dalamnya yang cukup menunjang aktivitas belajar-mengajar. Hanya saja, ketinggian lahan dan lantai bangunan masih rendah dibanding jalan raya, serta jika dipandang dari depan, terlihat betapa SMP Negeri 1 Trenggalek wajahnya tidak secemerlang Sekolah Berstandar Internasional (SBI), atau semegah prestasi sekolah dan prestasi para siswa maupun alumnus sekolah ini.



Drs. Catur Winarno. MM. Kepala Sekolah, mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan permohonan ke Pemerintah Kabupaten untuk mempercantik wajah SMP Negeri 1 Trenggalek. Proposal pengajuan dana pembangunan tersebut sudah disampaikan, dan kemungkinan dalam tahun ini juga akan segera direalisasi.

SMP Negeri 1 Trenggalek memang layak ditetapkan sebagai sekolah berstandar internasional. Manajemen pendidikan yang diterapkan di sekolah ini terbukti mampu mengkondisikan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai target. Sejak tahun 1980-an sekolah ini senantiasa mengungguli SMP lain di Trenggalek, serta para alumnusnya banyak yang berhasil menembus jenjang pendidikan hingga ke perguruan tinggi dan sukses dalam kariernya.

Pencapaian rerata hasil nilai ujian nasional dari tahun ke tahun terus meningkat. Dan semua adalah murni tanpa bantuan atau rekayasa. “Apa yang dicapai siswa dalam ujian nasional maupun test lain dan uji komptetensi yang diadakan oleh institusi terkait, adalah bukti kemampuan siswa dalam menerima dan menyerap apa yang disampaikan guru mereka. Hal ini juga merupakan bukti keberhasilan manajemen pendidikan yang diterapkan di sekolah ini”, demikian Drs. Catur Winarno, menjelaskan.

Dalam suatu kesempatan terpisah, Drs. Ahmadi, MM, ketika masih menjabat sebagai Kepala Bidang SLTP/SM (sekarang Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek) pernah menegaskan, bahwa pencapaian hasil ujian nasional setiap tahun untuk Kabupaten Trenggalek secara regional memang masih diurutan 9 atau lebih, namun itu murni, dan tanpa rekayasa, dicapai sesuai prosedur dengan standar pengawasan yang ketat.

Nilai Rata-rata Hasil Ujian Nasional Siswa SMP Negeri 1 Trenggalek
No. Tahun Pelajaran Rata-rata NUAN
Bhs Indonesia Matematika Bahasa Inggris Jumlah Rata-rata

1.2004/2005 8,30 9,13 9,21 26,64 8,88
2.2005/2006 8,79 9,45 8,58 26,82 8,94
3.2006/2007 9.01 9.44 8.95 27.40 9.13

Keberhasilan sekolah dalam manajemen dan tehnis kependidikan, juga tidak lepas dari kepedulian dan kerjasama dari Komite Sekolah.
K. Budi Hartono, S.Pd., ketua Komite Sekolah, ketika dihubungi di rumahnya, menegaskan bahwa seluruh orang tua dan wali murid mendukung sepenuhnya kebijakan sekolah.


Pihak Komite Sekolah yakin, apa yang digariskan oleh sekolah juga merupakan keinginan orang tua/wali murid dan sesuai hasil rapat Komite dan Dewan Guru. Khusus untuk partisipasi dana dari Wali Murid di SMP Negeri 1 Trenggalek, tidak ada indikasi pemaksaan. Setiap wali murid memberikan hibah/sumbangan sesuai dengan keikhlasannya. Bahkan ada banyak yang hanya memberikan sumbangan sebesar 50 ribu rupiah, namun tidak sedikit yang memberikan bantuan hingga jutaan rupiah. Akumulasi perolehan sumbangan dari wali murid ini dalam 3 tahun terakhir terus meningkat. Tahun 2006/2007 diperoleh kurang lebih 65 juta, tahun 2007/008 terkumpul sekitar 97 juta dan tahun 2008/2009 mencapai 137 juta rupiah. Orang tua/wali murid, sangat berharap agar tampilan SMP Negeri 1 Trenggalek bisa lebih gagah dan gentle, lebih cantik dan harmonis sesuai dengan perkembangan bangunan di sekitar lokasi sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar